Kuliah Mandiri

Katanya Ali bin Abi Thalib Radhiyallaahu ‘Anhu, bermain-main itu ada dua tempatnya, di masa kecil dan di surga nanti. Tapi setelah baca buku “Lulus Kuliah 11 Tahun dengan IPK 4!” saya jadi mengoreksi perkataan Ali, tempat bermain hanya satu, di surga nanti! Selama hidup di dunia, dari detik kelahiran hingga detik kematian wajib saya manfaatkan untuk beramal yang baik, seperti yang diterangkan Allah dalam Surat Al-Mulk ayat 2. Jadi, saya sadar liburan itu ga ada. Biasanya konotasi liburan itu dihabiskan dengan suatu hal menyenangkan hati semata tanpa mempertimbangkan manfaatnya, sebagai ajang balas dendam atas kesibukan rutinitas dalam satu semester perkuliahan. Tidak sedikit juga hari-hari di liburan-liburan saya sebelumnya yang habis dengan bermalas-malasan, tidur, ngenet, makan, nonton. Aduh nyesel banget rasanya kalo saya inget-inget. Saya harus mengubah definisi liburan menjadi kesempatan untuk secara penuh mengatur agenda saya sendiri dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Setiap waktu dan kesempatan dalam hidup wajib dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Gak ada bedanya apakah di liburan akhir semester ataupun di perkuliahan saya tetap harus melaksanakan rutinitas saya, pertama beribadah, kedua belajar atau menuntut ilmu, ketiga mengamalkan ilmu, keempat menyebarluaskan ilmu.

Untuk liburan kali ini, saya mempelajari Operating System Design (dapet buku dari pak Yudi yang menuntun ke pembuatan OS secara praktek, bukan hanya teori) dan Microelectronics lanjutan (Elka-2). Semoga bisa selesai sebelum kuliah semester 6 dimulai. Aamiiiiiin. Ada banyak hal yang mesti saya pelajari, jadi ga ada waktu buat maen-maen. Mari berjuang memanfaatkan waktu di jalan Allah! And let’s educate ourself! :D

Leave a Reply

