Manfaat Tidur Siang

بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan nama Allah yang Mahapengasih Mahapenyayang.

السلام على المؤمنين ورحمة الله وبركاته
Semoga kesejahteraan, rahmat, dan barakah Allah dilimpahkan kepada orang-orang yang beriman.

Waktu kecil saya sering disuruh tidur siang oleh orang tua saya, padahal pada jam tidur siang itu biasanya saya sedang asyik bermain. Terpaksalah saya menuruti perintah orang tua. Lah sekarang kondisinya terbalik, mau banget tidur siang tapi rasanya gak sempat dan lebih memilih untuk mengerjakan hal lain. Padahal tidur siang ini sangat dianjurkan Rasulullaah lho, udah tau belum?

Rasulullah memerintahkan kita untuk tidur siang dalam sabda beliau yang dinukilkan oleh Anas bin Malik :

قِيْلُوا فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ لاَ تَقِيْلُ

“Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani t dalam Ash-Shahihah no. 1637: isnadnya shahih)

Kemarin saya mendapatkan main idea (mungkin belum semua) kenapa tidur siang itu penting. Kemarin hati saya risau sekali, dengan urusan akademik, project, urusan komunitas, dan lain-lain, pikiran saya sangat tidak tenang karena banyak sekali deadline yang harus diselesaikan dalam waktu dekat, sampai shalat pun nyaris tidak bermakna karena bacaan shalat hanya sampai tenggorokan saja. Setelah shalat Zuhur saya membaringkan badan di atas karpet kosan dan tertidur. Ketika bangun saya merasa hati dan pikiran saya menjadi sangat tenang, saya bisa menjadi sangat fokus, semangat saya bertambah, seperti batere yang sudah full-charged, dan kerja otak saya terasa semakin cepat – saya bisa bilang begitu karena setelah bangun saya langsung belajar Digital Signal Processing dan semua materi terasa mengalir, sangat mudah dan cepat saya mengerti.

Yang perlu diperhatikan yaitu lamanya tidur siang. Jangan sampai terlalu lama hingga berjam-jam, cukupkan satu jam saja. Tidur yang efektif itu terasa ketika kita bangun pikiran kita fokus, cas, dan kita tidak bermalas-malasan, bahkan badan kita tidak terasa berat untuk langsung berlari marathon seketika itu juga.

Mulai hari ini saya mengharuskan diri untuk sebisa mungkin tidur siang karena memang manfaatnya sungguh luar biasa.

Ditulis oleh: Iqbal Novramadani (Noe) – 2/5/2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s