Hati-hati milih Imam dalam Shalat

بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan nama Allah yang Mahapengasih Mahapenyayang.

السلام على المؤمنين ورحمة الله وبركاته
Semoga kesejahteraan, rahmat, dan barakah Allah dilimpahkan kepada orang-orang yang beriman.

Sangat banyak saya jumpai umat muslim di Indonesia memilih Imam tanpa dasar yang jelas saat ingin melakukan shalat berjamaah. Ada yang memilih karena perawakan seseorang terlihat “wah pantes nih jadi imam”, ada pula yang memilih karena umurnya dan hal inilah yang saya pikir tertanam di jiwa hampir seluruh umat muslim Indonesia -bahwa memilih imam itu sebaiknya yang paling tua di antara jamaah shalat.

Bukankah kita kalau memilih pemimpin dalam sesuatu kita pasti memilih seseorang yang paling ahli dalam sesuatu itu? Ya begitu juga hendaknya ketika kita memilih imam dalam shalat. Menjadi sebuah keharusan kita memilih orang yang paling ahli menjadi imam. Ahli dalam apa?

Perhatikanlah hadits di bawah ini wahai saudaraku.

Hal ini didasarkan pada pernyataan Amru bin Salamah yang berbunyi:

فَلَمَّا كَانَتْ وَقْعَةُ أَهْلِ الْفَتْحِ بَادَرَ كُلُّ قَوْمٍ بِإِسْلَامِهِمْ وَبَدَرَ أَبِي وَ قَوْمِي بِإِسْلَامِهِمْ فَلَمَّا قَدِمَ قَالَ جِئْتُكُمْ وَاللَّهِ مِنْ عِنْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقًّا فَقَالَ صَلُّوا صَلَاةَ كَذَا فِي حِينِ كَذَا وَصَلُّوا صَلَاةَ كَذَا فِي حِينِ كَذَا فَإِذَا حَضَرَتْ الصَّلَاةُ فَلْيُؤَذِّنْ أَحَدُكُمْ وَلْيَؤُمَّكُمْ أَكْثَرُكُمْ قُرْآنًا فَنَظَرُوا فَلَمْ يَكُنْ أَحَدٌ أَكْثَرَ قُرْآنًا مِنِّي لِمَا كُنْتُ أَتَلَقَّى مِنْ الرُّكْبَانِ فَقَدَّمُونِي بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَأَنَا ابْنُ سِتٍّ أَوْ سَبْعِ سِنِينَ 

“Ketika terjadi penaklukan penduduk kota Makkah, maka setiap kaum bersegera masuk Islam dan bapak dan kaumku segera masuk Islam. Ketika dating, ia berkata: “Demi Allah, aku membawa kepada kalian dari sisi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebuah kebenaran,” lalu ia berkata,”Lakukanlah shalat ini, pada waktu ini, dan shalat itu pada waktu itu. Apabila datang waktu shalat, hendaklah salah seorang kalian beradzan, dan yang mengimami shalat kalian adalah yang paling banyak hafalan al Qur’annya.” Lalu mereka melihat, dan tidak mendapati seorangpun yang lebih banyak hafalannya dariku, karena aku sering menemui orang yang datang. Maka mereka menunjukku sebagai imam shalat, padahal usiaku baru enam atau tujuh tahun” [HR al Bukhari]

Berikut ini sebuah laman yang saya referensikan untuk dibaca terkait pemilihan imam:

http://almanhaj.or.id/content/2612/slash/0/memahami-posisi-imam-dan-mamum-dalam-shalat-berjamaah/

Baiklah, semoga Allah memberikan hidayah dan ilmu-Nya kepada kita semua.

Selanjutnya saya hanya ingin menutup tulisan ini dengan sebuah opini. Suatu ketika saya shalat, saya jumpai yang mengimami adalah seorang yang tidak fasih bacaan Al-Qur’annya, begitu berantakan tajwidnya sehingga setiap ayat dibaca salah, baik dalam hal panjang pendek harakatnya maupun makhraj hurufnya. Menurut saya, dia membuat empat kesalahan. Satu, tidak memilih imam sesuai tuntunan sunnah. Dua, tidak rendah hati dengan memajukan diri sebagai imam. Orang yang dalam ilmu agamanya tidak akan serta merta maju sebagai imam karena banyak pertimbangannya. Tiga, kesalahan tajwidnya dapat membuat kesalahan arti dan makna ayat. Keempat, kesalahan pembacaan yang terus menerus didengar makmum dapat menyebabkan rusaknya hafalan Al-Qur’an, terutama yang belum terlalu fasih berbahasa arab, sehingga panjang pendek harakat bisa jadi terbolak balik setelah ia shalat di belakang imam tersebut.

Demikianlah, hendaknya kita tidak sembarangan dan menganggap sepele ketika menjalani urusan agama.

Ditulis oleh: Iqbal Novramadani (Noe) – 2/24/2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s