Harus Bahagia dan Harus Semangat!

بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan nama Allah yang Mahapengasih Mahapenyayang.

السلام على المؤمنين ورحمة الله وبركاته
Semoga kesejahteraan, rahmat, dan barakah Allah dilimpahkan kepada orang-orang yang beriman.

Kalau kita mau tahan tidak tidur semalaman, kerjakanlah sesuatu yang kita benar-benar sukai. Yang kita selalu bergairah dan bersemangat untuk memikirkannya, apalagi mengerjakannya. Tapi mungkinkah ada hal selain itu yang bisa membuat kita bisa bekerja terus tanpa mengenal lelah? Ya bukan hutang melilit lah jawabannya. Kayaknya ada ya, dan saya rasa jawabannya adalah bahagia.

Ketika kita bahagia entah kenapa kita memandang sesuatu yang susah menjadi dapat diatasi, sesuatu yang sebenarnya membosankan jadi “yaudahlah dijalani aja”. Ketika hati bahagia, perangai tingkah laku pun jadi bagus, bibir seolah tak bisa berhenti senyum, wah pokoknya suasana jadi indah deh. Dan banyak lagi efek rasa bahagia yang luar biasa.

Makanya saya rasa seorang manusia itu perlu merasa bahagia dalam hal apapun. Di keluarganya dia harus bisa bahagia. Di masyarakat begitu juga. Di sekolahnya, ngerti semua pelajaran dan ujian terjamin nilainya sempurna. Segala macem kerjaan beres. Intinya, setidak-tidaknya, gak sempat merasakan kecewa deh. Nah untuk bisa bahagia, ambil contoh semua kerjaan beres sebelum batas waktunya, kita perlu semangat dan usaha keras. Berhubungan kan? Bahagia dan semangat ini kayaknya bukan saja berhubungan, mereka bersahabat karib. Untuk bisa semangat kita harus bahagia. Untuk bahagia kadangan juga perlu dimulai dengan semangat dan usaha dulu.

Begitu ketidakbahagiaan muncul, efek dominonya kadangan sulit ditebak. Bahkan terkadang buat melankolis bisa sampai terpuruk berminggu-minggu. Bergantung ketahanan masing-masing individu. Kebanyakan membawa dampak yang tidak baik bagi diri sendiri (sering kali menurunkan efektivitas pribadi), orang lain (menyakiti orang lain dengan tindakan atau ucapan yang tidak sepantasnya), serta berkurangnya kualitas kerjaan atau karya yang dihasilkan.

Kesimpulannya, kita harus berusaha untuk menjadi orang yang selalu bahagia dan selalu bersemangat. Kita harus cari tau caranya sendiri karena mendapatkannya bukan seperti baca buku kemudian tau. Tapi ada guideline-nya, yaitu bahagia pasti jauh dari hal-hal yang tidak menyenangkan, hal-hal yang bisa membuat kita sedih apalagi membuat kita frustasi. Kalo pengorbanan, selama itu tidak menggores hati kita, walaupun terasa susah dan berat, ya bukan berarti gak bahagia. Terkadang perlu pengorbanan untuk mencapai bahagia itu sendiri. Bahagia itu baik, baik itu bahagia.

Ditulis oleh: Iqbal Novramadani (Noe) – 4/10/2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s