Solusi = Ibadah, Ibadah ≠ Beban

Dengan nama Allah yang Mahapengasih Mahapenyayang

Saat tugas banyak dan waktu terasa tak cukup, seorang muslim yang belum kokoh iman akan mengorbankan ibadahnya. Kesimpulan ini berasal dari logika sederhana manusia yg menganggap bahwa melakukan ibadah akan mengurangi waktunya untuk mengerjakan tugasnya yg lain.

Saya ingin berbagi tentang pengamatan saya terhadap kehidupan saya pribadi mengenai hal ini. Saya harap pembaca dapat menjadikannya sebagai sudut pandang baru dalam menjalankan kehidupan.

Saat saya korbankan ibadah, yang terjadi adalah:
1. Malas beraktivitas
2. Tidur dalam waktu panjang, bangun tidak segar
3. Otak terasa bekerja lambat
4. Pikiran lebih stress dan selalu lelah
5. Ada saja penghalang tugas yang timbul akibat mendahulukan hal lain selain Allah

Saat saya pertahankan ibadah, yang terjadi adalah:
1. Semua aktivitas terasa ringan untuk dilakukan (rasa malas hilang)
2. Tidur sesuai kebutuhan, bangun segar
3. Otak terasa lebih cepat
4. Pikiran terasa ringan dan bahagia sepanjang hari
5. Allah membantu pekerjaan melalui caranya yang bermacam-macam sehingga tugas menjadi lebih cepat selesai dari yang diduga

Maka dalam hal ini jika kita korbankan ibadah kita telah mengalami dua kerugian:
1. Kita tidak dapat pahala ibadah (atau malah dosa) di akhirat
2. Tugas tidak dapat diselesaikan dengan efektif

Kesimpulan:
Jika kita mencari solusi dari permasalahan hidup kita, apapun itu, ibadah adalah jawabannya. Jangan menganggap ibadah adalah sebuah beban yang diwajibkan bagi manusia, karena hakikatnya Allah sangat tidak butuh dengan ibadah yang kita lakukan, kita lah yang membutuhkannya.

Dan perlu saya tekankan bahwa kerugian yang pertama adalah kerugian yang sangat besar dibanding kerugian yang kedua. Saya berdoa semoga tulisan singkat ini bermanfaat dan dapat mengubah hidup pembaca.

Ditulis oleh: Iqbal Novramadani

Leave a Reply

